Rabu, 04 Februari 2015

Teknik Dasar Memotong Rambut

Menurut Hideki dan Koji, hair stylist kenamaan di Jepang, teknik dasar memotong rambut ada empat, yaitu:
- Sliding Cutting
Teknik ini menghasilkan model rambut di mana bagian luar lebih pendek dan semakin panjang pada rambut bagian dalam. Sehingga rambut akan terlihat seperti susunan layer yang halus. Teknik ini bisa juga untuk membentuk rambut mengarah ke dalam seperti di-blow.
- Dry Cutting
Teknik ini hampir sama dengan sliding cutting, hanya saja lebih detail. Dry cutting lebih sesuai untuk rambut tebal atau rambut yang ber-volume. Teknik ini bisa mengurangi kekusutan rambut.
- Direct Cutting
Direct cutting sesuai diaplikasikan untuk rambut yang mengembang. Dengan teknik ini, rambut bisa lebih jatuh ke bawah dan bukan ke samping, sehingga rambut tidak terlalu mengembang.
- Thinning Cutting
Sesuai namanya, thinning cutting adalah teknik dengan prinsip menipiskan rambut. Teknik memotongnya dimulai dari akar rambut. ”Tentunya teknik ini lebih pas untuk rambut yang terlalu tebal,” kata Hideki.
Selain itu, yang harus diperhatikan pula, memotong rambut itu tidak boleh asal. Ada teknik tertentu bagian mana yang harus dipotong dulu. Menurut Hideki, memotong rambut, basic-nya dari bawah. Bisa dimulai dari bagian belakang kemudian ke samping.
Memotong rambut bagian samping perlu lebih hati-hati. Terlebih rambut samping yang dekat dengan wajah. ”Rambut samping yang dekat wajah paling penting. Sebab, bagian itu akan memengaruhi pantas tidaknya wajah seseorang dengan model rambut tertentu,” ucap Koji.Koji lantas mencontohkan potongan rambut untuk untuk jenis rambut dan bentuk wajah tertentu, seperti berikut ini:
- Rambut Ikal, Wajah Pendek
Rambut bergelombang, terlebih ikal, sebaiknya tidak memotong pendek rambutnya. Sebab, rambut akan terlihat lebih mengembang ke samping, sehingga akan membuat bentuk wajah yang pendek akan semakin kelihatan pendek.
”Trik memotong rambut bergelombang cenderung ikal adalah dengan membuat bagian depan agak panjang. Sehingga, rambut tidak menggembung,” terang Koji. Hideki menambahkan, mengakali rambut yang agak ikal bisa juga dengan meluruskan sebagian rambut, sedang sebagian lagi dibiarkan tetap ikal. Otomatis, rambut tidak terlalu mengembang dan bisa terlihat lebih rapi.
- Rambut Tebal
Untuk rambut tebal, tentunya butuh ditipiskan agar lebih mudah diatur. Koji menuturkan, rambut tebal bisa diakali dengan membuat rambut menjadi berlapis-lapis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar